Prinsip Akuntansi
Prinsip akuntansi adalah kaidah keputusan umum yang mengatur atau mendasari perkembangan teknis akuntansi. Akuntansi memiliki 4 prinsip utama:
1. Prinsip biaya (cost pronciples)
2. Prinsip pengakuan pendapatan (revenue recognition)
3. Prinsip penandingan pendapatan dan biaya (matching revenue and cost)
4. Prinsip pengungkapan penuh dalam bentuk laporan keuangan

Akuntansi Keuangan
Akuntansi keuangan menyajikan informasi untuk pihak luar tentang posisi dari aktiva, kewajiban dan modal. Akuntansi keuangan juga melaporkan berbagai hasil operasional, perubahan pemilik modal dan arus kas dalam satu periode akuntansi. Laporan keuangan umumnya berupa neraca, laporan perhitungan rugi/laba, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas. Para pemilik, calon investor, kreditur, karyawan, dan masyarakat dapat menggunakan laporan keuangan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Informasi akuntansi keuangan disajikan dalam bentuk final, tepat, historis dan dalam bentuk format yang sudah baku.

Akuntansi Manajemen
Akuntansi manajemen menyajikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh internal manajemen, oleh karena itu selain akuntansi keuangan, suatu organisasi juga membutuhkan akuntansi manajemen. Akuntansi manajemen bersifat fleksibel, untuk kepentingan internal, jenis dan format laporannya tidak baku dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan manajemen, serta dapat digunakan untuk membuat proyeksi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *